Teknologi terbaru itu Komputasi Awan (Cloud Computing)

Tren saat ini sudah sangat jelas. Pertumbuhan adopsi Cloud mencapai lebih dari 50% per tahun. Banyak UKM berpindah menggunakan solusi Cloud untuk mengatur operasional perusahaannya

Apa itu Cloud Computing atau Komputasi Awan ? 

Komputasi Awan merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (Komputasi) dan pengembangan berbasis Internet (Awan).

Awan (cloud) merupakan sebutan dari internet. Awan dalam Komputasi Awan merupakan ringkasan dari infrastruktur kompleks yang disembunyikan. Yaitu sebuah metode komputasi dimana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai layanan (software as a service), sehingga pengguna (user) dapat mengakses melalui internet (dalam Awan) tanpa mengetahui apa yang ada di dalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.

IEEE Internet Computing mempublikasi sebuah makalah pada tahun 2008 menyebutkan “cloud computing” adalah suatu paradigma dimana informasi secara permanen tersimpan di server internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (user) termasuk di dalamnya desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handled, sensor-sensor, monitor, dll. Sebagai contoh OfficeCentral Indonesia menyediakan aplikasi Office Manajemen yang dapat diakses melalui suatu penjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server.

Komputasi Awan saat ini merupakan teknologi terbaru, contoh bentuk pengembangan teknologi cloud yaitu OfficeCentral.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *