SOLUSI DEVISI HRD

 Human Resaurce Development atau HRD adalah sebuah devisi/provesi jabatan yang bertanggung jawab secara penuh dalam sumber daya manusia suatu perusahaan,  mulai dari persiapan perekrutan pegawai baru, membuat biodata karyawan,  membuat data pengalaman kerja dan masih banyak lagi. Karena sangat pentingnya HRD dalam sebuah perusahaan banyak orang mengira devisi/jabatan HRD sebagai tangan kanan dari sebuah perusahaan.

Siapapun pasti setuju bahwa setiap pekerjaan ada suka maupun duka dan masalah yang dihadapinya. Nah, bagaimana dengan profesi HRD?

  1. Sulitnya menemukan calon karyawan

Ketika perusahaan sedang membutuhkan karyawan apalagi dalam situasi mendesak, misalnya dikarenakan karyawan lama mendadak resign, maka tugas HRD adalah sesegera mungkin menemukan penggantinya. Nah, jangan salah. Ternyata bukan hanya pencari kerja yang bisa merasakan kecewanya ditolak, tapi HRD juga sering mengalaminya lho.

  1. Beratnya tanggung jawab yang di emban

Mendapat keistimewaan sebagai kepercayaan manajemen perusahaan otomatis membebani HRD dengan tanggung jawab yang cukup besar. Segala sesuatu yang menyangkut perusahaan dan bersifat rahasia harus dijaga dengan baik. Tidak boleh disalahgunakan, terutama ke pihak eksternal. Jadi, HRD harus sangat berhati-hati dalam menjalani tanggung jawabnya.

  1. Menangani keluhan karyawan

Sudah menjadi hal yang lumrah jika HRD sering menerima keluhan dari karyawan yang tidak sepakat dengan kebijakan yang dibuatnya. HRD tentunya harus berusaha mencapai macam-macam solusi antara perusahaan dengan karyawan. Namun, jika tidak berhasil menangani keluhan-keluhan tersebut, bukan tidak mungkin mereka akan ‘dimusuhi’ oleh para karyawan yang merasa keberatan atau dirugikan.

Tidak hanya dituntut untuk turun tangan dalam permasalahan perusahaan, terkadang HRD juga “dipaksa” untuk terlibat dalam konflik antar karyawan. Nah, demi mempertahankan lingkungan kerja yang sehat dan kondusif, maka HRD harus mampu menjadi penengah yang baik.

Tugas seorang HRD berhubungan dengan sumber daya manusia, maka seorang HRD harus tau tugas dan tanggung jawabnya. Berikut ini adalah tugas dan tanggung jawab seorang HRD.

  1. Bertanggung jawab dan mengelola sumber daya manusia. Dalam hal ini termasuk perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan sumber daya manusia dan pengembangan kualitas sumber daya manusia.
  2. Membuat sistem yang efektif dan efisien, misalnya dengan membuat SOP job klasifikasi, job deskripsi dan melakukan pelatihan.
  3. Melakukan seleksi, training untuk memilih karyawan.
  4. Mengadakan pelatihan, pembinaan, dan kegiatan-kegiatan pengembangan yang berhubungan dengan kemampuan, potensi, mental, ketrampilan dan pengetahuan karyawan yang sesuai dengan standar perusahaan.
  5. Bertanggung jawab dengan hal yang berhubungan dengan absensi dan melaporkan kinerja karyawan.

Melihat dari penjelasan di atas, bahwa devisi/jabatan sebagai HRD mempunyai banyak permasalahan dan tugas yang harus diembannya. Seiring berkembangnya waktu dan kemajuan teknologi maka kami menciptakan sebuah software yang berbasis cloud yang membantu, mempermudah, mengembangkan dalam kinerja HRD .

Office central sebagai solusi, banyak perusahaan sangat terbantu dengan adanya software office central, dikarenakan office central bukan hanya menangani dalam sistem HRD saja, dalam office central mempunyai beberapa modul yang saling terintregrasi satu dengan yang lainnya , diantaranya menangani HRD, PENGGAJIAN, AKUNTANSI, KEUANGAN, CRM, dan POS (Transaksi Harian).

Melihat masalah dan kinerja HRD di atas, maka office central sebagai solusi.

  1. Semua data karyawan terpusat, mulai dari keluarga sampai dengan prestasi yang pernah diraih.

 

Office central

2.  Mengatur cuti karyawan

Office central

3.  Membuat pelatihan untuk mengembangkan potensi karyawan.

Office Central

4.  Mengatur kedisiplinan karyawan dengan kehadiran.

Office central

Office central

5. Mengatur pergerakan karyawan

Office central

1 thought on “SOLUSI DEVISI HRD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *